Total Pageviews

Tuesday, May 1, 2012

Cerpen : THE POWER OF MAKE UP! THE POWER OF THE GIRLS!

by: sarah putri utami



Kuliah jauh dari orang tua membuka pandanganku tentang dunia. Semakin hari, semakin aku merasakan bahwa dunia ini begitu lebar dan banyak banget hal-hal yang ga kuketahui sebelumnya. Mesti beres-beres sendiri, nyuci sendiri, nyari makan di warteg sendiri, everythings is on my own. But, lately I found it so fun. Ternyata banyak hal yang bisa aku eksplor saat aku berada jauh dari orang tua. Salah satunya adalah make up. Ga nyangka aku sekarang jadi tergila-gila sama produk yang satu ini.

“Eh, di supermarket K lagi ada diskon kosmetik bermerek loh..hingga 30%!! Cepetan dah kesono!!” kata Keisha, my best friend, saat Aku lagi asik-asiknya memakai mascara di toilet kampus.

“Oh, yaaa..ntaran deh kesana. Tunggu doku cair dulu..hehehee”

“Seska, lagi ngapain? “ Nunung agak2 bingung sambil nunjuk mascara yang aku pakai.

“OMG!!helloo?? ni anak dari planet mana sih?? Polos banget!!” batinku dalem hati. Namun, yang keluar  dari mulutku justru kata-kata “ Ini mascara. Mo coba pake Nun?” Nunung menggeleng lalu berlalu pergi.

“Hadehhhh..begooooo!!!!Ngapain jg pake acara nawar2in segala!!” Keisha ngakak. Aku nyengir kuda.

                    “Eh, sesi 3 nanti ada kuliah operational research loh. Dah ngerjain tabel simpleks belom?? Aku nyontek dong?”  sahut Keisha lagi.

Aku nyengir kuda lagi. “ Kita kerjain bareng aja!! Ada waktu sekitar 1 jam lagi niy. Kerjain di kantin aja yook..”

Kantin di jam makan siang, sumpah rame banget! Kayaknya semua penghuni kampus pada mojok disini semua. Pesenan soto ayam dan jus tomat yang dipesen sejak 30 menit  yang lalu belum ada tanda-tanda kemunculannya. Soal penyelesaian tabel simpleks yang rumit di tambah perut yang keruyukan bikin mood jadi ga bagus.

“Eh, belagu loee…Jelek  aja belagu!!!” teriak seseorang dari belakang. Aku menoleh. Karra dan Kian, si K couple. Aku berasumsi suara itu dari si karra. Karra yang cantik itu memang terkenal agak sedikit temperamental, khususnya kalo menyangkut yang namanya Kian. Super duper ultra dultra posessif. But, wait…..yang dibilangin jelek tadi…Nunung??????????

Tidak beberapa lama, Nunung beranjak keluar dari kantin. Saat melewati meja kami,kelihatan banget kalo matanya sembab  dan airmata menggenang di sudut matanya. “hadeehh..siang-siang gini dah sinetron cinta fitri ajaaa.” Keisha buka suara. Aku yang paling ga tahan ngeliat adegan tadi tanpa sadar menarik tangan Nunung ke bangku di sebelah ku yang kosong. Keisha mendelik. Aku sedikit shock, karena tangan q udah bertingkah diluar kehendak tuannya. Di samping q, Nunung mulai menangis sesegukan. Keisha mendekatkan tissue ke arah nya. Sedangkan aku, otak q langsung berputar-putar kemana-mana. Pikiranku mendadak penuh dengan pertanyaan dan pertanyaan dan pertanyaan.

                    “Padahal aku ga salah apa-apa” akhirnya Nunung buka suara. Pesenan soto ayam dan jus tomat yang ditunggu sedari tadi akhirnya muncul juga. Aishhh…WTF!! Ibu kantin yang nyebelin. Tau aja moment yang tepat. Hasilnya, Keisha berpura-pura mendengarkan sambil menyeruput jus tomat nya. Sedangkan Aku, setali tiga uang dengan Keisha. Gimana dong!! Laphaarrrrr…

                    Hasil mendengarkan cerita dari Nunung, Aku baru tau kalo ternyata si Karra yang Aku kira sedikit egois, ternyata super duper egois. Gimana enggak, Cuma gara-gara tau dari temennya si gank manis manja kalo si Nunung suka sama si Kian dia langsung marah besar. Sampe-sampe tempat duduk Nunung di kantin pun pengen di jarahnya. Ga cukup sampe disitu, dia juga secara unfisik telah melukai hati seseorang dengan kata-kata. WTF!! Cewek macem apa diaa?? Mischa cinta fithri kah???

                    “Tenang aja nun,” Keisha menambahkan “ suka sama seseorang itu bukan kejahatan kok. Dianya aja yang alay. Sabar ya!!”

                    Aku mengangguk. “ Tapi, beneran yaa kamu suka sama si Kian yang super belagu itu? Hadeehh.. tipemu aneh banget.” Keisha mendelikan mata sambil mengisyaratkan, shut up please!!

                    “Tipe ku aneh ya..hehehe” Nunung menjawab dengan senyum masam.namun keburu dipotong Keisha “ ga kok Nun, masih mendingan. Si Seska malah lebih aneh lagi tipe nya. Masa tipenya itu cowok yang diluar badboy tapi berhati baik. film korea banget kan?? Sampe mampus jg ga bakalan ketemu ntu cowok!!hahaha” Keisha ngakak lagi. Nunung pun ikutan ngakak. Yahh..paling ga at least Nunung jadi ketawa lagi.

                    Jujur. Aku emang makin ga ngerti sama jalan pikiran orang-orang didunia ini. Entah akunya yang terlalu sempit dalam berfikir atopun pemikiran  orang lain yang terlalu luas. Tapi, yang jelas kata-kata JELEK merupakan kata-kata yang paling tabu untuk diucapkan. Apalagi antar sesama cewek. Why? Karena bakalan menyakitkan hati banget. Pikiran ku tiba-tiba melayang ke 3 tahun yang lalu. Saat Aku baru masuk kuliah disini. Temenku satu kosan-sebut saja bunga- dengan mudah dan entengnya ngomong kalo Aku ini jelek. Tanpa tedeng aling-aling. Dan rasanya sakit banget. Aku pun jadi termotivasi dengan sendirinya untuk berubah. Bukan karena cewek itu, tapi karena diriku sendiri. Aku mau  jadi cantik, dan ga jahat kayak cewek itu. Selama 3 tahun, Aku mulai belajar. Mulai dari mengganti kacamataku yang minus 5 menjadi softlens bening. Mulai memperhatikan perawatan wajah untuk mukaku yang kusam. Hingga, menjalani malam tidur tanpa bantal untuk mengubah postur tubuhku agar sedikit tegap. Perubahan yang terekstrim dan tersulit dari itu semua adalah, belajar cara jalan yang baik dan benar agar enak diliat saat jalan, karena cara jalan q yang dulu parah banget. Grabak-grubuk kayak jalan cowok lagi dikejer maling. Pada awalnya agak susah untuk menyesuaikan diri. But still, Aku berusaha sangat keras. Tentunya juga dengan bantuan beberapa temanku yang lain. Gara-gara kejadian itu, aku baru sadar kalo ternyata sifat manusia itu ada bermacam-macam. Kita ga bisa ngejudge satu orang karena mereka berbeda. Siapa tahu mereka ternyata lebih baik dari kita. Meskipun si bunga udah ga dikosanku lagi-thanks god. Dunia jadi aman tanpa tuh cewek di kosanku- Aku tetep berusaha jadi cewek yang makin cantik dari hari kehari. Gara-gara itu juga aq jadi menemukan teman-teman sejatiku. -Hehehee..thank u kosan da~co~can. You made me learn so much.- Usahaku terbayarkan sudah. Aku punya style sendiri dan punya gaya dandan yang sedikit cute and edgy. Cara cowok ngobrol ke aku juga agak sedikit berubah. Jadi lebih baik dari biasanya. Yang biasanya cuma ramah sama cewek-cewek cantik, sekarang juga bisa ramah ke aku. OMG! This is the real world! Penuh dengan orang munafik, cewek cantik berhati jelek, dan orang-orang yang berpikiran terlalu luas. Aish..mungkin aku dan pikiranku yang terlalu sempit ini agak sulit untuk memahaminya. But, this is our world. Our place. Aku ga perlu memahami semuanya. Just be my self and prove that I am worth for it!!

                    “Nun, kita ke supermarket K yok. Kata si Keisha lagi diskon kosmetik sampe 30%!” sambungku lagi. Nunung memandangku dengan pandangan aneh. “ Cewek itu harus merawat diri. Harus cantik. Kita harus bisa ngerebut si Kian dari Karra!!” kataku lagi dengan pandangan berapi-api, yakin 100%.

                    “Tapi Aku ga cantik Seska. Liat niy. Mukaku penuh bekas jerawat. Mataku berkantong dan punya dark circle yang nauzubillah warnanya” tolak Nunung sedikit kurang percaya diri. Tapi Aku bersikeras. Sambil mengambil laptop pink q. aq mulai menstreaming video youtube. Judulnya cukup kontroversional: Rani mukerjee without make up! Nunung, sambil menonton video itu, agak sedikit terkejut dan shock. Seorang rani mukerjee yang cantik luar biasa, ternyata tanpa make up juga sama aja kayak cewek-cewek pada umumnya. Dengan problem kantong mata dan dark cirle. Rasa pedenya mulai sedikit bertambah.

“Sebagai anak Gunung kidul, tunjukkan kalo kamu juga bisa nun. Aku juga anak daerah. Makanya Aku tahu gimana rasanya digituin kayak tadi. Jangan sampe deh komentar yang destructive kayak tadi menghancurkan rasa pedemu. Kamu pasti bisa kok nun. Aku jamin!!”

                    Dengan sedikit paksaan, akhirnya aku bisa mengajak si Nunung ke supermarket K. disitu, bener-bener kayak surga. Diskon akhir tahun. Hingga 30%! Untuk produk make up yang branded. Untuk masalah muka yang penuh bekas jerawat dan warna kulit yang ga merata, aku menyarankan Nunung untuk membeli concealer dan foundation yang sesuai dengan warna kulitnya yang agak sedikit kecoklatan. Terus, untuk mempertegas matanya yang berwarna coklat, Aku menyarankan dia untuk menggunakan eyeliner dan mascara. Plus untuk acara-acara tertentu, aq menyarankannya untuk membeli make up sederhana seperti blush on warna orange ,eyeshadow warna coklat, plus lipgloss pink. 

                    Selain itu, Aku juga memberikan bermacam jenis video make up tutorial koleksi download dari youtube selama ini -My fave make up guru of course michelle phan!Hehehe..gara-gara make up, dia bisa jadi terkenal banget. Sampe-sampe merk lancome mendaulatnya  untuk menggunakan produknya agar produk mereka bisa berada di video tutorialnya. She is the real make up guru!- pokoknya niat bangetlah! Untuk menjadi cantik tentu saja harus bersusah-susah dahulu kan? Tapi, seperti kata pepatah, dimana ada keinginan, disitu pasti ada jalan. Sejak dahulu aku percaya bahwa semua cewek itu cantik. Aku yakin Nunung juga pasti bisa jadi lebih cantik dari sekarang. Nunung yang sekarang udah cantik. Tapi, dia berhak untuk jadi lebih cantik lagi and I am believe that.

                    Di kosannya. Nunung termenung sendirian. Memandangi wajahnya yang dilapisi make up tipis. “Cantik. Seperti orang lain saja.” pikirnya didalam hati. Dia ga menyangka kalau make up bener-bener bisa jadi peri penolong di dalam kehidupannya. Kata-kata Seska tadi siang selalu  terngiang-ngiang di pikirannya. “ kamu punya mata coklat yang cantik nun. Bulu matamu panjang. Hidungmu pun mancung. Basicly kamu cantik nun. Liat bulu mataku ini. hampir ga keliatan sama sekali. Terus hidungku juga ga mancung. Tapi, aku bisa keliatan cantik. Semua cewek itu cantik nun. Sadari itu. Tonjolin kelebihanmu. Jangan berfokus pada kelemahanmu. Aku aja bisa, kamu juga pasti lebih bisa nun!”

No comments:

Post a Comment

comment please!!
saran dan kritik membangun akan diterima dengan senang hati!!!
thanks for visiting my simple blog!!!

XOXO
sha-chan_9370
\(>_<)V